Hal yang perlu kamu ketahui tentang AIDS

246716_bakteriya_-virus_-zelyonyj_2560x1600_www-gdefon-ru1

AIDS adalah penyakit yang disebabkan oleh virus HIV. nah, sudah tau apa itu HIV dan cara penyebarannya?

Jika ditanya, mungkin sebagian besar orang akan menganggap AIDS dan HIV itu adalah penyakit, dan ketuanya itu sama. Namun, itu salah besar! AIDS dan HIV itu berbeda.

  1. HIV virusnya, AIDS penyakitnya

HIV merupakan singkatan dari Human Immunodeficiency Virus yang merupakan virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia. Jika seseorang sudah terinfeksi HIV, virus ini tidak bisa langsung teridentifikasi saat itu juga, melainkan 3-6 bulan setelah infeksi virus HIV.

2. Bagaimana cara penularannya?

HIV hidup di dalam cairan yang ada di tubuh manusia, seperti darah, sperma, dan air susu ibu. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penularan HIV hanya dapat terjadi apabila cairan dari tubuh ODHA (Orang Dengan HIV/AIDS) masuk ke dalam tubuh orang sehat lainnya. cara penularan dari HIV inipun sebenarnya tidaklah mudah, sebab virus HIV rentang untuk mati di luar suhu tubuh manusia. HIV dapat menular lewat hubungan seksual, dari ibu yang mengandung ke bayinya, baik melalui plasenta maupun ASI, Transfusi darah, dan jarum suntik yang tidak steril (terutama pemakai narkoba).

3. Bagaimana dengan AIDS?

Acquired immune deficiency syndrome  atau yang biasa disebut dengan AIDS, merupakan sekumpulan gejala penyakit yang terjadi akibat menurunnya sistem kekebalan tubuh. dapat dikatakan bahwa AIDS merupakan stadium akhir dari perkembangan virus HIV. AIDS lah yang menyebabkan penderitanya meninggal dunia akibat berbagai macam kompikasi penyakit yang terjadi.

4. Adakah obatnya?

sampai saat ini, belum ditemukan obat yang mampu membunuh virus HIV secara tuntas. Namun, sudah ada obat yang mampu mengintrol perkembangan virus HIV agar tidak sampai masuk ke stadium AIDS. obat tersebut bernama ARV (Anti Retri Viral). jadi, obat ini hanyalah menghambat perkembangan virus, bukan menyembuhkannya.

5. Tes untuk inveksi HIV

Ada sebuah tes yang dapat memastikan anda terkena HIV atau tidak. tes tersebut bernama VCT (Volutary Counceling and Testing). Sesuai dengan namanya, tes ini bersifat sukarela dan rahasia. sebelum melakukan tes, akan dilakukan konseling terlebih dahulu, yang bertujuan untuk mempersiapkan mental pasien, seandainya kemungkinann terburuk terjadi. setelah itu, akan dilakukan pengambilan sample darah untuk memastikan ada atau tidaknya virus HIV. biasanya, tes akan diulang kembali pada satu sampai tiga bulan kemudian.

6. Siapa saja yang berpotensi?

semua orang berpotensi untuk terkena HIV/AIDS. Namun, mereka yang berpotensi untuk menyebarkan virus HIV, adalah mereka yang sering berganti pasangan seksual/ melakukan seks bebas maupun pasangannya, Ibu hamil yang mengidap HIV dan kemungkinan besar menular pada bayinya, dan pengguna narkoba suntik/tatto dengan jarum yang tidak steril (satu jarum digunakan berbanyak orang)

7. Cara mencegah penularan virus HIV

ada konsep ABCDE+R yang dapat digunakan sebagai cara untuk mencegah penularan dari virus HIV:

A : Abstinence, yang berarti tidak melakukan hubungan seksual sebelum waktunya

B : Be faithful, berarti kita harus setia pada satu pasangan (tidak melakukan hubungan seksul yang berganti-ganti pasangan)

C : Condom, yang berarti memakai pengaman ketika melakukan hubungan

D : Don’t inject,/Drugs yang artinya jangan menggunakan jarum yang tidak steril ataupun menggunakan narkoba.

E : Education, yaitu mengetahui hal-hal penting tentang HIV dan membantu dalam menyebarkan informasi untuk mengedukasi masyarakat mengenai HIV/AIDS.

R : Religius, yaitu lebih mendekatkan diri pada Tuhan dan memegang nilai-nilai keagamaan yang digunakan sebagai pedoman dalam bertingkah laku.

Selamat hari AIDS sedunia! Ayo perangi Virusnya, Bukan orangnya!

Written By
More from Sri Jayanti

Kamu gak akan tau ini apa sebelum nonton sampai akhir!

Gimana? Gak nyangka kan kalau itu cuma iklan?
Read More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *